Kamis, 01 Desember 2016

Daur Ulang Sampah Mobil

Sampah adalah sesuatu yang dipandang buruk dimanapun. Namun manusia sebagai penghasil sampah kemudian juga tak hanya berharap menumpuknya saja, karena sebagai pencemar keberadaannya bisa sangat mengganggu.

Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya timbunan melihat sampah juga di sekitaran markas Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya di daerah Surabaya Barat. Jika di Google Maps, nama jalan ini adalah Jalan Lidah Kulon-Lontar yang awalnya memang sebagai penghubung antara Jalan Lontar dan Lidah Kulon (selain Jalan Citraraya-Unesa). Jalanan ini jarang dilewati oleh kendaraan umum karena kondisinya, tetapi beberapa kendaraan masih menggunakan jalan ini untuk menghemat waktu ketimbang berputar, selain menghindari kemacetan di persimpangan pintu masuk Citraland-Lontar-Sambikerep. Bila Anda mengetahui ada Rumah Sakit Orthopedi di depan SPBU, maka ikuti jalan di sampingnya (yang juga ditandai oleh makam) dan pasti akan bertemu gedung kantor Kelurahan Lontar, Puskesmas dan lain-lain yang mengisyaratkan kita telah dekat daerah jalan Lontar Surabaya. Di pertengahan jalan pun ada jalan penghubung dengan perumahan Villa Bukit Regency dan Lapangan Golf Pakuwon & Family Club dan jalan tersebut seharusnya bisa menjadi shortcut atau jalan pintas.

Sebuah tempat daur ulang sampah logam yang berasal dari mobil. sumber: commons.wikimedia.org/Hadrianopolis

Kembali ke topik, timbunan sampah biasanya dibakar dalam incinerator di beberapa negara, dimana ada yang berpotensi sebagai penghasil energi listrik dari panas yang dihasilkan (selain kegiatan ini tentunya menyedot energi). Namun di Indonesia pun ada yang digunakan untuk membakar limbah medis. Referensi berita Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya tersebut bisa dibaca pada halaman berikut ini: http://jabar.tribunnews.com/2015/08/25/jabar-bakal-miliki-incinerator-kedua-dan-terbesar-di-indonesia
Terkadang sampah tersebut juga perlu dipilah untuk efisiensi pembakaran, selain untuk memisahkan mana yang bisa didaur-ulang atau tidak. Berbicara tentang daur-ulang, ada pengolahan besi tua dan pabrik baja di dekat Surabaya yang terkadang didapati menampung besi tua serta besi bekas.

Dunia otomotif yang dekat dengan dunia transportasi macam Rental Sewa Mobil Pregio di Surabaya sendiri membutuhkan banyak komponen logam. Kemungkinannya, logam dari mobil semacam pintu mobil dan bagian lainnya juga bisa didaur ulang di sana. Hanya, daur ulang ini seharusnya digunakan untuk mendaur besi dan logam lama, bukannya bekas armada Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya yang masih layak pakai ^_^ .
Berikut Rental Sewa Mobil Livina di Surabaya mendapat tautannya pada video youtube:



Selanjutnya pecahan dan remahan kecil yang hancur tersebut akan dilebur ulang atau dipisahkan bahan pembuatnya menjadi produk baru atau dicetak dan dirakit menjadi mobil lagi.

Namun beberapa jenis mobil mempunyai bahan berbeda yang susah untuk didaur ulang seperti halnya mobil yang terbuat dari logam. Meski begitu, ilmuwan juga berusaha untuk meminimalisir limbah dengan memikirkan bahan pembuatnya. Sewa Rental Mobil di Surabaya Barat melihat hal ini diterapkan pada 3D printing dimana sebuah mobil tidak dicetak oleh cetakan tetapi di-print. Berikut adalah tautannya: http://otomotif.liputan6.com/read/2375322/mobil-3d-hasil-printer-pertama-di-dunia-bisa-didaur-ulang. Secara desain, teknologi 3D printing semacam ini memungkinkan bentuk mobil diproduksi dalam jumlah yang sedikit meski berakibat harga yang melambung karena keunikannya. Namun yang terpenting dari semuanya adalah bahan yang digunakan karena perbedaan struktur dengan mobil biasa, baik eksterior atau interior terkait rangka dan tampilannya.

Renik dan remahan hasil dari proses penghancuran mobil.
Sumber: commons.wikimedia.org/U.S. National Archives and Records Administration

Di Surabaya atau Jawa Timur sendiri jika ditelusuri, ada banyak besi tua yang bisa dihancurkan yang tersebar di berbagai wilayah. Namun biasanya, orang Indonesia lebih suka jika 'sampah' mereka 'dihargai'. Karena itu kita mengenal 'tabungan sampah' yang diterapkan di beberapa tempat di dalam negeri. Di banyak daerah pun mengenal profesi pemulung yang pekerjaannya mengumpulkan banyak bahan dan barang tak terpakai. Pengepul besi tua pun sering bisa ditemui pada daerah tertentu di sebuah kota yang pernah dilewati Rental Sewa Mobil di Surabaya. Yang pasti, bisnis seperti ini mungkin tidak terbayangkan bagi mereka yang tiap hari 'tampil rapi' karena pengepul barang rombeng seperti ini pernah diberitakan bisa menyekolahkan anaknya hingga ke tahap tertinggi.
Tapi kembali lagi pada logam yang 'bernilai jual' semacam ini, kehilangan serta kerusakan rambu atau infrastruktur logam malah bisa terjadi. Namun semoga apa pernah terjadi ini tidak sampai mencelakai atau melukai kita semua dan Sewa Mobil Surabaya sebagai pengguna jalan.